Categories
Uncategorized

Cara Jitu Branding Produk Untuk UMKM

Saat ini membangun sebuah bisnis bisa dimulai dari UMKM terlebih dahulu. Di Negara Indonesia sudah memiliki banyak UMKM yang terus bertambah setiap waktu di setiap daerah. Tentunya diperlukan sebuah branding UKM agar produk yang dijual juga terus laku di pasaran. Sebab dari satu UMKM dengan UMKM lainnya bisa jadi memiliki jenis produk yang sama ketika ditawarkan. Maka dari itu penting sekali untuk melakukan branding UMKM. Selain itu membangun branding UMKM juga merupakan salah cara meningkatkan penjualan paling ampuh. Mungkin Anda belum tahu bagaimana cara melakukan branding untuk UMKM. Tak perlu bingung, sebab penjelasan di bawah ini akan membantu Anda.

Tentukan identitas produk

Seperti yang dijelaskan sebelumnya jika satu produk dari UMKM mungkin akan sama dengan yang lainnya. Dari sinilah Anda pemilik UMKM harus bisa membuat hal yang berbeda dari produk tersebut. Bisa dimulai dari identitas produk yang akan dijual. Anda bisa membuat sebuah logo. Namun logo bukan sembarang logo yang dibuat. Logo tersebut harus mampu menampilkan identitas produk dan bisnis yang sedang Anda bangun. Maka dari itu dalam hal ini Anda bisa menggunakan bantuan jasa desain logo agar hasil juga lebih sempurna dan tepat sasaran.

Ingin UMKM Semakin Laris Manis? Yuk Cek di Sini Tips Membangun Program Loyalitas untuk Pelanggan Anda

Tentukan konsep yang orisinal

Berikutnya adalah menentukan konsep yang berbeda dan terkesan orisinil. Setiap UMKM memiliki konsep yang berbeda-beda. Di sinilah tugas Anda untuk lebih jeli agar bisa membuat UMKM yang berbeda dari lainnya. Anda bisa menambahkan tagline yang begitu unik agar UMKM yang sedang dijalankan bisa lebih mudah diingat dan dikenal khalayak umum.

Membuat tampilan yang menarik 

Bukan hanya dari logo saja, namun dari segi tampilan juga harus menarik dan unik. Ketika Anda berbelanja sesuatu, mungkin Anda juga sadar jika tampilan produk yang unik dan menarik akan lebih banyak diminati. Anda bisa mencoba untuk membuat kemasan yang unik agar bisa menarik minat pembeli. Selain itu ketika Anda membuat sebuah postingan. Usahakan foto yang dibuat juga cukup unik.

Dengan beberapa tips branding UMKM di atas, Anda sebagai pemilik UMKM pasti akan lebih mudah mengembangkan bisnis yang sedang dijalankan.