Categories
Uncategorized

Tips Perawatan Mesin Pemanas Air Mandi

pemanas air tenaga surya

Memiliki mesin pemanas air mandi memang akan memberikan banyak sekali keuntungan. Selain banyak model yang ditawarkan, ternyata harga yang ditawarkan juga sangat bervariasi. Anda sebagai calon pengguna akan lebih dipermudah dalam hal tersebut. Namun selain memperhatikan kualitas yang diberikan tentunya Anda juga harus memperhatikan bagaimana cara melakukan perawatan mesin pemanas air listrik.

Beberapa orang mendapatkan kasus kerusakan terkait kurangnya informasi bagaimana cara melakukan perawatan mesin pemanas air mandi tersebut. Padahal jika dilihat dari segi harga, akan lebih baik jika Anda melakukan perawatan dan mendapatkan kekuatan tersendiri. Daripada melakukan pembelian ulang karena kerusakan.

Nah agar mesin pemanas air modern yang Anda miliki bisa tetap awet. Berikut adalah beberapa cara yang bisa Anda lakukan ketika akan melakukan perawatan mesin pemanas air seperti https://pemanasairindonesia.com.

Air yang Digunakan Adalah Air Bersih

Secara idealnya air yang digunakan untuk keperluan alat pemanas air adalah air beku. Artinya air tersebut tidak mengandung kapur, garam, lumpur, pasir, dan batu. Mungkin Anda bertanya kenapa harus air baku. Hal ini dikarenakan air non baku akan memiliki kemungkinan mampu menghambat kinerja dari mesin pemanas air tersebut. Kotoran yang ikut masuk bersamaan dengan air akan lebih mudah menempel pada bagian mesin pemanas air. Tentunya akan menyumbat air yang akan keluar. Dan Anda juga tidak akan mendapatkan hasil yang maksimal.

Lakukan Perawatan Secara Rutin

Seperti halnya mesin pada umumnya. Perawatan pada mesin pemanas air harus dilakukan secara rutin atau paling tidak setahun satu kali. Jika model yang Anda gunakan memiliki tangki penampungan. Maka gunakan teknisi hAndal untuk melakukan perawatan. Perawatan ini ditujukan agar kotoran dan berbagai hal lainnya bisa dengan mudah keluar dari dalam mesin.

Baca : Ariston Kairos Thermo Direct, Solar Water Heater dengan Efisiensi Energi yang Tinggi

Ganti Anoda Magnesium Dalam Kurun Waktu Tertentu

Anoda magnesium digunakan untuk membersihkan kotoran air yang ada dalam mesin. Selain itu adanya anoda magnesium akan memperpanjang usia dari mesin pemanas air tersebut. Gantilah anoda magnesium dalam kurun waktu setidaknya dua tahun sekali.

Bersihkan Media Sambungan

Jika semua proses pembersihan sudah selesai. Anda bisa melanjutkan dengan proses pembersihan bagian sambungan. Dari pipa hingga aliran listrik. Selain itu teknik ini juga akan mempermudah Anda mengetahui kebocoran yang terjadi.

Perhatikan Kondisi

Yang terakhir adalah Anda bisa memperhatikan kondisi dari mesin tersebut. hal ini dilakukan agar kerusakan pada bagian mesin tidak akan menjadi lebih parah.

Dengan mengetahui tips perawatan pemanas air mandi seperti yang dijelaskan di atas. Maka pemanas air yang Anda miliki akan mendapatkan kondisi keawetan yang lebih lama.