Categories
Uncategorized

Tips Mudah Mengelola Stok Barang di Gudang

gudang di karawang

Ketika anda memiliki bisnis atau usaha produk barang, baik itu kecil maupun besar. Penggunaan gudang sebagai tempat sangatlah anda perlukan. Selain menyimpan barang dagangan anda, gudang juga berfungsi memberikan informasi pada perusahaan tentang kondisi barang yang disimpan sehingga barang tersebut keluar dari gudang dan sampai pada tangan pembeli. DenganĀ  begitu anda harus tahu cara mengelola stok barang dengan baik, tepat, dan tentunya mudah.

Pengelolaan stok barang yang baik juga sangat penting. Mulai dari membuat penataan barang lebih rapi, kuantitas dan kualitas barang terjaga dengan baik, informasi serta data barang aktual dan akurat serta memudahkan pengendalian, pengawasan stok barang, dan juga pendistribusian barang kepada konsumen sesuai dengan jumlah barang dan jadwal yang disepakati. Nah, untuk mempermudah anda berikut beberapa tips mengelola stok barang di  gudang dengan mudah dan juga simple. 

1.      Buat data dan catatan stok barang

Pengelolaan yang pertama adalah anda harus menyiapkan data stok barang. Mulai dari stok barang yang masuk dan juga barang yang keluar, dan juga jumlah stok barang yang masih tersedia. Ini akan memudahkan anda untuk mengetahui data penjualan pada periode sebelumnya serta menentukan target pemasaran dan penjualan periode sekarang. Sehingga kedepannya nada tahu barang apa saja yang dapat dijadikan stok untuk penjualan kedepannya.

Buat data dan catatan seakurat mungkin, karena dengan adanya data akan memudahkan anda dalam melakukan pengontrolan, pembuatan keputusan dan tindakan untuk pengelolaan stok barang yang berkelanjutan. Anda dapat mencatat stok barang dengan manual dengan formulir atau secara digital dengan aplikasi.

2.      Berikan kode di setiap produk barang

Cara mengelola stok barang kedua adalah anda harus memberikan kode pada setiap barang. terlebih jika anda menyediakan banyak jenis barang dengan berbagai motif maupun model. Penggunaan kode ini akan sangat membantu anda dalam mengenali dan juga menyebutkan jenis barang secara lebih spesifik sehingga lebih hemat waktu. 

Penggunaan kode ini juga akan mempermudah anda untuk penataan barang dan mengelompokkan peletakan barang sesuai dengan jenisnya  saat di gudang.

Baca : Mengenal Lebih Dekat 5 Alat Bantu untuk Pergudangan

3.      Buat jadwal stok

Cara mengelola stok barang di gudang adalah dengan membuat forecast persediaan atau perkiraan jumlah barang yang perlu anda tambah untuk stok di gudang. Jadi anda perlu untuk melakukan perkiraan berapa jumlah persediaan yang anda butuhkan dan juga harus dikeluarkan pada periode ini. 

Selain itu anda juga perlu membuat jadwal kapan waktu untuk melakukan pembelian. Pembuatan forecast persediaan dan pembuatan jadwal stok akan memberikan kemudahan dalam menghitung anggaran untuk persediaan barang.

4.      Pisahkan stok barang lama dan juga stok barang baru

Mencampur aduk stok barang akan membuat anda kebingungan dalam membuat pencatatan dan juga perhitungan. Saat melakukan penataan dan peletakan, pastikan untuk memisahkan stok lama dan juga stok baru. Ini juga akan mempermudah perhitungan stok lama yang terjual dan belum terjual. Sehingga anda dapat menjual stok lama terlebih dahulu. Cara mengelola stok barang ini bertujuan mengurangi resiko kerugian.

Jadi itulah tips penting yang wajib Anda praktekan untuk mengelola stok barang di gudang. Yuk temukan informasi gudang terbaik untuk kebutuhan bisnis Anda, contohnya gudang Karawan, cek di sini https://karawangsentrabizhub.com/